E-Commerce
disebut juga dengan “perdagangan elektronik” merupakan istilah untuk berbagai
jenis bisnis atau transaksi komersial yang melibatkan pertukaran informasi
melalui internet. E-Commerce
memungkinkan konsumen untuk bertukar barang atau jasa secara elektronik tanpa terhambat
oleh jarak dan waktu.
E-Commerce Digunakan untuk mendukung kegiatan
pembelian dan penjualan, pemasaran produk, Jasa,dan informasi melalui internet
atau extranet. E-commerce dikelompokkan menjadi :
1. Business-to-Business (B2B).
B2B
menyatakan penjualan produk atau jasa yang melibatkan beberapa perusahaan dan
dilakukan dengan sistem otomasi. Umumnya, perusahaan perusahaan yang terlibat
adalah pemasok, distributor, pabrik, toko, dll.
2. Business-to-Consumer (B2C).
B2C
melibatkan interaksi dan transaksi antara sebuah perusahaan penjual dan para
konsumen.
3. Consumer-to-Consumer (C2C).
C2C
atau terkadang disebut person-to-person (Ebert dan Griffin, 2003)menyatakan
model perdagangan yang terjadi antara konsumen dengankonsumen melalui Internet.
4. Consumer-to-Business (C2B).
Beberapa
situs telah berinisiasi untuk mendukung bisnis yang berbasiskan konsumer ke pebisnis
(Consumer-to-business atau C2B).
Beberapa keuntungan E-Commerce untuk konsumen, antara lain :
1. Kenyamanan.
E-Commerce dapat berlangsung 24 jam
sehari, tujuh hari seminggu.
2. Seleksi.
Banyak
toko menawarkan berbagai jenis produk secara online dengan berbagai pilihan dan
toko yang berbasis online tersebut dapat menawarkan konsumen pilihan barang
yang tidak dapat mereka akses secara langsung di dunia nyata.
Tetapi, E-Commerce
juga memiliki beberapa kekurangan untuk konsumen, antara lain :
1. Layanan pelanggan terbatas.
Jika
kita ingin berbelanja secara online, tidak ada karyawan yang dapat berkomunikasi
dengan kita sebagai pertimbangan barang atau jasa yang terbaik agar memenuhi
kebutuhan Anda.
2. Tidak ada kepuasan instan.
Ketika
kita berbelanja secara online, kita
harus menunggu barang atau jasa yang kita beli secara online tersebut dikirim
ke rumah atau kantor kita.
3. Tidak dapat berinteraksi (melihat dan
menyentuh) secara langsung dengan barang yang akan kita beli secara online.
Lampiran
foto secara online tidak selalu mendeskripsikan keseluruhan tentang barang yang
akan kita beli secara online. Transaksi E-Commerce
dapat menjadi tidak memuaskan ketika barang yang kita terima ternyata
berbeda dari yang diharapkan.
Sebuah
toko dengan transaksi berbasis E-Commerce
yang akan saya bahas disini bernama GANBATE (berjudul Ganbate! Japanese
Clothing pada halawan webnya). Sebuah toko berbasis online ini menyediakan
pakaian untuk cosplay, jaket jepang dengan gaya harajuku atau Japanese Rock and
Punk, kaos bergambar anime, atau bergambar manga, lolita dress, dan juga
kemeja, celana, dan sweater. Selain itu GANBATE juga menerima pesanan pembuatan
jaket, jumper atau sweater untuk kelompok komunitas atau angkatan dengan gaya
yang unik dan berbeda dengan jaket biasa. GANBATE didirikan pada tanggal 2 Juni
2009 oleh NESHER CV. Mulanya adalah sebuah toko online dengan nama domain
www.ganbate.net .
Untuk tahun pertama, GANBATE mengambil produk-produk dari Bandung, Jakarta, dan
Jogjakarta. Empat bulan berjalan secara online, banyak sekali permintaan
konsumen untuk dibuatkan toko, agar produk GANBATE dapat dilihat secara
langsung. Akhirnya GANBATE memilih sebuah tempat di Jl. Kerto, Kusumanegara,
Yogyakarta untuk dijadikan toko dan tempat display.
Untuk mengaksesnya secara online, pastikan PC atau
Laptop atau HP kita tersambung dengan internet, kemudian ketikkan www.ganbate.net
pada browser kita, lalu kunjungi hingga tampil sebagai berikut (tampilan home halaman web GANBATE pada PC atau
Laptop).
Cara
Membeli Produk Ready Stock (stok sudah tersedia) maupun Pre-Order (stok belum
tersedia, jadi harus dibuatkan terlebih dahulu) :
1. Klik link Toko Online pada menu, akan
tampil foto-foto produk dari bebagai kategori, antara lain Cosplay, Jaket,
Atasan, Tas, Ready Stock.
2. Klik kategori yang diinginkan,
kemudian akan tampil beberapa produk yang tersedia.
3. klik foto produk, kemudian pilih
spesifikasi (atau kategori lainnya seperti bahan dan sebagainya), jika spesifikasi
yang diinginkan tersedia maka proses
belanja bisa berlanjut dengan meng klik Add to Cart.
4. Jika sudah selesai memilih produk
silahkan klik View Cart, jika belum selesai dan masih ingin berbelanja silahkan
klik foto produk lainnya atau Update Cart.
5. Selanjutnya klik Proceed to Checkout
untuk mengisi data pembeli. Isi data selengkap-lengkapnya, untuk memudahkan
pendataan oleh bagian administrasi dan CS kami dan nantinya juga akan
memudahkan pengiriman sampai di tempat tujuan.
6. Setelah mengisi data diri dan
mengetahui total biaya ditambah ongkos kirim, maka selanjutnya beri tanda
centang pada “ I’ve read and accept the terms & conditions “ kemudia klik
Place Order.
7. Segera lakukan pembayaran melalui
rekening Ganbate di Bank BCA atau Mandiri.
8. Setelah melakukan pembayaran, segera
hubungi CS kami melalui SMS di 085756776060 atau telpon langsung ke kantor
GANBATE di (0274)444242. Jika barangnya tersedia, GANBATE akan segera mengirim
pesanan kita menggunakan jasa pengiriman TIKI atau JNE, sedangkan jika
barangnya belum tersedia, maka GANBATE akan membuatkan sesuai dengan antrian
barang yang ada.
Pembayaran
dapat dilakukan dengan mentransfer ke salah satu rekening di bawah ini :
1. Bank BCA : 846 509 3303 atas nama
GANBATE CV
2. Mandiri : 137 000 306 9313 atas nama
MARIA ARLITA WAHYU C
Untuk
informasi atau tanya-jawab silahkan hubungi :
1. Telpon : 0274 303 9090
2. SMS : 085756776060
3. BBM : 3133E13E
GANBATE
sudah merupakan toko online yang terpercaya dan tanggapan-tanggapan pembelinya
dapat kita lihat di halaman fanpage facebook “Ganbate dot Net”
Referensi :
4. PTKI-C Komp.dalam dunia Usaha
(e-Bussiness) & Soal.ppt, E-Commerce
5. (gambar judul) http://www.cmswire.com/images/image-ecommerce-2013.jpg
Tidak ada komentar:
Posting Komentar